PRESTASI


AKREDITASI




Akreditasi Rumah Sakit adalah suatu pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada manajemen rumah sakit, karena telah memenuhi standar yang ditetapkan. Adapun tujuan akreditasi rumah sakit adalah meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, sehingga sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia yang semakin selektif dan berhak mendapatkan pelayanan yang bermutu. Dengan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan diharapkan dapat mengurangi minat masyarakat untuk berobat keluar negeri. Sesuai dengan Undang-undang No.44 Tahun 2009, pasal, 40 ayat 1, menyatakan bahwa, dalam upaya peningkatan mutu pelayanan Rumah Sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala menimal 3 (tiga) tahun sekali.

Rumah Sakit Santo Antonius Pontianak terakreditasi dengan nomor akreditasi :
YM.01.10/III/3791/10


ISO 9001:2008




ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu di mana organisasi perlu menunjukkan kemampuannya untuk secara konsisten menyediakan produk yang memenuhi persyaratan pelanggan dan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku, dan bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penerapan sistem yang efektif , termasuk proses perbaikan berkesinambungan dari sistem dan jaminan kesesuaian dengan pelanggan dan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku. Rumah Sakit Umum Santo Antonius Pontianak telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008, yang berarti Rumah Sakit Umum Santo Antonius telah memenuhi segala persyaratan yang ditentukan dalam proses sertifikasi ISO 9001:2008 tersebut.


SNI ISO 9001:2008




Standar ini merupakan adopsi identik dengan metode terjemahan dari ISO 9001:2008, Quality management systems Requirements, yang isinya bukan merupakan persyaratan baru dari Sistem manajemen mutu tetapi perubahan perbaikan secara konsisten dengan standar system manajemen lingkungan, ISO 14 0001-2004. Standar ini dapat diterapkan apabila sebuah organisasi perlu memperagakan kemampuannya secara konsisten menyediakan produk yang memenuhi persyaratan pelanggan dan peraturan yang berlaku, yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui aplikasi sistem secara efektif, termasuk proses perbaikan berkesinambungan dari sistem dan kepastian kesesuaiannya dengan persyaratan pelanggan serta peraturan yang berlaku. Semua persyaratan standar ini generik dan dimaksudkan agar dapat diterapkan pada semua organisasi, apa pun jenis dan produk yang disediakan.Jika persyaratan dalam standar ini tidak dapat diterapkan karena sifat organisasi atau produknya maka dapat dikecualikan. Atas pengecualian tersebut, maka persyaratan realisasi produk yang memenuhi persyaratan pelanggan dan peraturan yang berlaku. Dalam standar mencakup sistem manajemen mutu untuk persyaratan umum dan persyaratan dokumentasi, tanggung jawab manajemen, pengelolaan sumber daya, realisasi produk dan pengukuran, analisis dan berbaikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Rumah Sakit Umum Santo Antonius Pontianak telah mendapatkan sertifikasi SNI ISO 9001:2008, yang berarti Rumah Sakit Umum Santo Antonius telah memenuhi segala persyaratan yang ditentukan dalam proses sertifikasi SNI ISO 9001:2008 tersebut.