Ekokardiografi

Ekokardiografi atau ultrasonografi jantung adalah suatu teknik pemeriksaan jantung dan pembuluh darah besar dengan menggunakan gelombang suara-ultra (ultrasound).Pemeriksaan ini merupakan suatu pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis, menentukan tata laksana, dan memprediksi prognosis kasus-kasus penyakit jantung dan pembuluh darah.

fungsi Ekokardiografi yaitu sebagai:
♦ Untuk mengetahui kelainan jantung bawaan.

♦ Melihat adanya thrombus atau butiran darah pada bagian jantung

♦ Memeriksa pergerakan otot-otot jantung pada saat kontraksi.

♦ Menganalisa dan menilai cara kerja jantung manusia.

♦ Memeriksa kerusakan yang berada pada katup jantung.

♦ Melihat kelainan structural yang terjadi pada jantung.

♦ Melihat secara langsung tingkat peradangan yang terjadi pada jantung.

♦ Melihat fungsi dan kondisi hemodinamik kerja keseluruhan jantung Anda.

Bagaimana prosedur ini dilakukan? Anda akan diminta untuk membuka pakaian dari dada sampai ke pinggang dan kemudian berbaring di kasur. Dokter akan menaruh probe di atas dada yang telah diberi gel. Gel ini dimaksudkan agar alat probe dapat menempel baik pada kulit sehingga kualitas dan dimensi gambar yang didapat akan maksimal. Dokter akan menggerakkan probe di dada Anda untuk mendapat tampilan yang diperlukan dalam menilai fungsi dan struktur jantung.

Berapa lama pemeriksaan berlangsung? Prosedur ini biasanya dilakukan selama 15-30 menit, tergantung apakah dokter sudah mendapat informasi mengenai fungsi dan struktur jantung Anda

Apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum menjalani ekokardiografi? Tidak ada hal khusus yang harus dipersiapkan sebelum menjalani prosedur ini. Anda boleh makan dan minum apapun sebelum dan sesudahnya. Anda juga tidak perlu berpuasa.