PROMO DAN KEGIATAN

1. PKRS

Untuk memberikan informasi mengenai kesehatan kepada masyarakat luas, RSU. St. Antonius seringkali mengadakan kegiatan. Sebagai contohnya adalah kegiatan PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit).

Promosi Kesehatan Rumah Sakit / PKRS adalah upaya Rumah Sakit untuk meningkatkan kemampuan pasien, klien dan kelompok masyarakat sehingga pasien dapat mandiri dalam mempercepat kesembuhan dan rehabilitasinya, mandiri dalam meningkatkan kesehatan, mencegah masalah kesehatan, dan mengembangkan upaya kesehatan melalui pembelajaran sesuai sosial budaya masing-masing.

Tujuan dari PKRS adalah terciptanya masyarakat rumah sakit yang menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku pasien RS serta pemeliharaan lingkungan RS dan termanfaatkannya dengan baik semua pelayanan yang disediakan RS.

Kegiatan antara lain :

• Edukasi dengan mengadakan Penyuluhan Kesehatan baik didalam maupun diluar gedung
• Seminar/Talkshow
• Poster / Spanduk dan media informasi kesehatan lainnya
• Informasi tentang kesehatan & layanan RS
• Advokasi pasien dengan manfaat :
    1. Meningkatkan pengertian dan sikap ingin sembuh
    2. Memberi pengertian kepada orang sekitarnya/keluarga
    3. Memberi pengertian/pengetahuan dan sikap tentang penggunaan fasilitas kesehatan
        secara tepat dan benar
    4. Mengerti dan mendukung dalam upaya pencegahan agar keluarga tidak tertular
        penyakit yang sama.
    5. Membantu pasien yang sudah sembuh untuk meningkatkan kesehatannya agar
        penyakitnya tidak terulang lagi.
• Upaya pencegahan penyakit dan perubahan perilaku untuk hidup sehat
• Senam Kesehatan


2. SENAM DIABETES

Senam diabetes adalah senam fisik yang dirancang menurut usia dan status fisik dan merupakan bagian dari pengobatan diabetes mellitus. Senam diabetes yang digunakan yaitu senam aerobic low impact yang bisa meningkatkan pemakaian glukosa oleh otot aktif sehingga secara langsung dapat menurunkan glukosa darah. Diharapkan bagi pelayanan kesehatan agar dapat menjadi motivator dan memberikan penyuluhan yang intensif bagi penderita diabetes mellitus untuk malakukan senam diabetes rutin demi menurunkan kadar gula darah dan mencegah komplikasi diabetes mellitus.

3. Kunjungan dari PT. Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta, dalam rangka pembahasan perluasan pelayanan untuk karyawan dan pensiunan PT. Pelindo.